Update Algoritma Google Terbaru 2022

Algoritma Google selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Namun untuk kali ini, Google membantai habis-habisan untuk semua kalangan atau pengelola situs website. Tidak hanya website yang masih kecil, bahkan website yang sudah besarpun ikut terkena imbasnya.

Pada zaman dahulu, Google melakukan update besar sekitar enam bulan sekali, akan tetapi untuk sekarang ini, Google melakukan update hampir setiap bulan sekali, bahkan terkadang dua minggu sekali. Jika Anda termasuk SEO Ekspert, maka update algoritma terbaru harus menjadi perhatian Anda.

Sebenernya Google sering mengumumkan perubahan algoritma jauh sebelum perubahan itu diterapkan, tujuanya agar semua pengelola situs website bisa melakukan penyesuaian atas konten yang di bagikan atau yang mereka buat.

Update Algoritma Google

Dan berikut ini adalah daftar algoritma google yang perlu Anda ketahui yang saya ulas dari berbagai sumber. Jadi ketika ada perubahan apapun yang di lakukan oleh Google, tidak akan membuat panik diri Anda sendiri sebagai seorang praktisi SEO.

Panda 

Dirilis tanggal: 24 Februari 2011
Sasaran: Konten duplikat yang menjiplak atau nyaris duplikat; konten spam yang dibuat dengan banjir kata kunci.

Cara kerjanya: Update Algoritma Google Panda memberikan apa yang disebut “skor kualitas” ke halaman web. Skor ini kemudian digunakan sebagai faktor peringkat. Awalnya, efek Panda cukup ringan, tetapi pada Januari 2016 secara permanen dimasukkan ke dalam algoritma inti Google. Sejak itu, peluncuran update menjadi lebih sering, sehingga penalti dan pemulihan Panda sekarang terjadi lebih cepat.

Cara menyesuaikan: Jalankan pemeriksaan situs reguler untuk duplikasi konten, konten tidak berkualitas, atau yang padat kata kunci. Tapi kalau anda malas melakukan ini, maka sebaiknya sejak awal anda harus memperhatikan kualitas konten yang diterbitkan di website anda.

Anda juga mungkin perlu mencari tahu apakah ada website yang mencuri konten-konten anda. Biasanya pencurian konten ini sangat merugikan jika anda jarang melakukan update. Misalnya anda melakukan update sebulan sekali; sedangkan pencuri konten melakukan update setiap hari karena dia hanya mencuri saja.

Biasanya Google akan lebih dulu mengindeks website yang rutin melakukan update dibandingkan website anda yang jarang update. Jadi ada kemungkinan website anda yang akan terlihat sebagai pencuri konten. 

Penguin 

Dirilis tanggal: 24 April 2012
Sasaran: Link yang berisi spam atau tidak relevan dengan isi halaman; tautan dengan teks jangkar yang terlalu dioptimalkan untuk kata kunci tertentu.

Cara kerjanya: Tujuan Google Penguin adalah menurunkan peringkat situs yang backlinknya terlihat tidak wajar. Update algoritma ini membuat pemalsuan backlink menjadi lebih sulit atau lebih mahal.

Cara menyesuaikan: Agar tetap aman dari efek Update algoritma Google Penguin, pantau pertumbuhan profil tautan Anda. Pastikan varian kata kunci yang masuk sangat beragam dan juga tersebar di banyak nama domain yang berbeda. Sedapat mungkin gunakan long tail keywords sebagai varian kata kunci.

Penalti yang diakibatkan oleh unnatural backlink seringkali sangat sulit untuk dipulihkan sehingga banyak pemilik website yang lebih memilih untuk membuat website baru. 

Humming Bird 

Dirilis tanggal: 22 Agustus 2013
Sasaran: Varian kata kunci; konten berkualitas rendah.

Cara kerjanya: Algoritma Hummingbird membantu Google menafsirkan kueri penelusuran dengan lebih baik dan memberikan hasil yang sesuai dengan maksud pencari. Walaupun tidak mengabaikan fungsi kata kunci, tapi algoritma Hummingbird memungkinkan halaman untuk ranking meskipun tidak berisi kata-kata kunci yang sama persis dengan yang dimasukkan oleh pencari.

Cara menyesuaikan: Perluas riset kata kunci Anda dan fokus pada konsep di balik kata kunci. Analisis dengan cermat penelusuran terkait, sinonim, dan istilah yang muncul bersamaan. Sumber ide yang bagus adalah Pencarian Terkait Google dan Pertanyaan Terkait Google, serta saran Pelengkapan Otomatis Google. Sebaiknya anda menggunakan varian-varian kata kunci yang anda temukan ini ke dalam artikel yang anda tulis. 

Mobile 

Dirilis tanggal: 21 April 2015
Sasaran: Kurangnya halaman versi seluler; tidak mobile friendly.

Cara kerjanya: Update pencarian seluler ini telah mengalihkan fokus utama SEO dari desktop ke versi mobile situs web Anda. Saat ini, Google memberi peringkat semua situs web berdasarkan seberapa cepat dan mobile friendly tampilan website mereka.

Cara menyesuaikan: Optimalkan halaman Anda untuk pencarian seluler dan fokus pada kecepatan dan kegunaan. Tes kecepatan halaman dan mobile-friendly Google akan membantu Anda melihat aspek halaman mana yang perlu ditingkatkan. Anda bisa menggunakan tools webpagetest untuk menguji kecepatan halaman website anda. 

RankBrain 

Dirilis tanggal: 26 Oktober 2015
Sasaran: Kurangnya relevansi dengan kueri pencarian; konten dangkal; dan user experience yang buruk.

Cara kerjanya: RankBrain adalah bagian dari algoritma Hummingbird Google. Ini adalah sistem pembelajaran mesin yang membantu Google memahami makna di balik pencarian dan menyajikan hasil penelusuran yang paling cocok sebagai tanggapan atas pencarian tersebut. Google menyebut RankBrain sebagai faktor peringkat terpenting ketiga.

Meskipun kita tidak tahu formula pasti di balik update algoritma besar ini, Tapi yang jelas RankBrain bertanggung jawab untuk menyesuaikan hasil pencarian Google dengan pengalaman pengguna. Pada dasarnya, Google berusaha memahami apa yang sebenarnya dicari dari kata kunci yang dimasukkan.

Cara menyesuaikan: Optimalkan halaman Anda untuk relevansi dan kelengkapan informasi. Pastikan anda membuat artikel atau tulisan yang tersusun dalam sistem hirarki yang terstruktur. Jadi anda sebaiknya merencanakan susunan heading dan sub heading yang akan anda gunakan dengan baik.

Medic 

Dirilis tanggal: 4 Mei 2018
Sasaran: Website yang bergerak di bidang kesehatan, jual beli, keuangan, hukum dan hal-hal lain yang sangat berpengaruh dengan kualitas hidup pengguna Google. Google menggolongkan website-website ini dalam kategori YMYL atau Your Money Your Life.

Cara kerjanya: Update algoritma Google Medic ini berusaha menaikkan syarat untuk ranking di niche kesehatan, jual beli, keuangan, hukum, berita, dll. Meskipun tidak dikonfirmasi secara eksplisit, perwakilan Google telah mengisyaratkan bahwa pembaruan menerapkan beberapa sinyal E-A-T (expertise-authority-trust) dari dokumen Panduan Penilai Kualitas.

Cara menyesuaikan: Sampai saat ini, tidak ada strategi pemulihan yang terbukti untuk pembaruan Medic. Ada banyak sekali website yang rontok dari hasil pencarian Google di tahun 2018. Padahal sebelumnya mereka ranking top 5 di banyak kata kunci.

Sekarang ini anda akan sangat kesulitan untuk ranking di kata kunci sakit penyakit, obat-obatan, herbal, dll karena kata kunci ini dikuasai oleh website start up kesehatan besar yang mempunyai modal kuat untuk optimasi. Anda hanya bisa menargetkan kata-kata kunci long tail keywords yang panjangnya lebih dari 5 kata.

Atau anda bisa juga mengeluarkan modal yang besar untuk mendapatkan banyak backlink dan artikel yang berkualitas. Bukan hanya itu saja, anda juga harus memperjelas identitas anda. Sedapat mungkin anda mengaitkan website anda ini dengan sebuah akun Google My Business yang sudah melakukan verifikasi alamat offline.

Setelah itu anda pasang alamat anda di footer website. Alamat ini harus sama persis dengan yang anda masukkan di data Google My Business. Ini adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan kepercayaan dari Google. Jika anda berniat bermain secara anonim, maka mungkin anda akan kesulitan bersaing di niche yang masuk dalam kategori YMYL. 

Bert 

Dirilis tanggal: 22 Oktober 2019
Sasaran: Konten yang ditulis dengan buruk; kurang fokus; kurangnya konteks.

Cara kerjanya: Update algoritma Google ini menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami untuk lebih memahami kueri penelusuran, menafsirkan teks, mengidentifikasi entitas, dan hubungan antar entitas. 

Kita sudah melihat update algoritma Panda, Hummingbird, dan RankBrain yang bisa mencari di halaman-halaman yang bahkan tidak sama persis dengan kata kunci. Begitu juga dengan algoritma BERT. Algoritma ini memungkinkan Google untuk memahami lebih banyak nuansa dalam kueri dan hasil pencarian.

Cara menyesuaikan: Rekomendasi yang bisa saya berikan sama seperti algoritma-algoritma kualitas konten lainnya di atas. Sudah waktunya bagi anda serius menulis konten yang memang berkualitas dan bisa membantu orang-orang yang membaca tulisan anda. Jika anda tidak mau bersusah payah menulis konten yang berkualitas, maka sebaiknya tidak perlu melakukan SEO dari awal.

Ringkasan

Itulah beberapa nama algoritma Google, dan untuk update bulan oktober kemarin, nampaknya membuat semua penglola situs web babak belur. Jadi intinya agar tidak terkena dampak perubahan algoritma google, buatlah konten original serta tidak terlalu nyepam atau tipis-tipis, buatlah para pengguna menemukan solusi saat mereka mencoba mencari apa yang menjadi masalahnya.
Semoga membantu dan bermanfaat.

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Posts ADS 3