Download Buku Menjawab Tuduhan Bidah Salafi Wahabi PDF


Buku kecil ini hadir untuk merespons perkembangan paham Salafi-Wahabi di Tanah Air. Buku ini merupakan upaya untuk menjawab beberapa kegelisahan amaliah yang dilakukan oleh mayoritas masyarakat muslim di Indonesia. Buku ini adalah respons terhadap beberapa ‘fatwa’ kaum Salafi-Wahabi yang kerap membid’ahkan, dan menyalahkan banyak amaliah di kalangan masyarakat. Sebut saja misalnya, tahlilan, ziarah kubur, talqin mayit, hingga persoalan pada hormat pada bendera.

Dengan beralasan bahwa amaliah masyarakat Indonesia tidak pernah ada pada zaman Nabi dan sahabat. Tidak jarang, amaliah-amaliah tersebut dianggap keluar dari “sunnah Nabi”, para sahabat dan tidak pernah dilakukan oleh ulama Salaf.

Jika klaim ini benar, tentu kata merujuk pada pandangan ulama Salaf yang dimaksud adalah ulama-ulama seperti para pendiri mazhab yang empat dan mazhabnya, Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hanabilah. Tapi klaim tidak bermazhab, justru malah akan jatuh “bermazhab” dengan satu pendapat.

Memang benar, bahwa umat Islam beribadah dengan dilandaskan pada Alquran dan Sunnah Nabi, tidak boleh mengikut-ikut tradisi. Akan tetapi, jargon ini kerap membingungkan masyarakat, karena apa yang dianggap “harus” sesuai Alquran dan Sunnah Nabi adalah menolak amaliah masyarakat Indonesia yang telah diperbolehkan oleh para ulama Indonesia dahulu.

Misalnya, dalam persoalan larangan ziarah, praktek amaliah ini dianggap “menyembah kuburan”. Pandangan ini jelas justru bertentangan dengan sunnah nabi. Nabi Muhammad Saw jelas menyebut dalam hadisnya, kuntu nahaitukum ‘an ziyarat al-kubur, ala fazuruha. (HR. Al-Tirmidzi). Dalam kaidah bahasa (al-Balaghah) dikenal bahwa jika terdapat kata perintah (fazuru, maka berziarahlah) setelah larangan menunjukkan bahwa hal tersebut menunjukkan kebolehan.

Terakhir, buku saku ini tidak membahas keseluruhan amaliah yang dipermasalahkan oleh kalangan Salafi-Wahabi, karena keterbatasan halaman dan waktu untuk membahas semua tema-tema. Demikianlah buku ini hadir ke hadapan pembaca, semoga memberikan keterbukaan pandangan soal amaliah masyarakat Indonesia. Wallahu A’lam bi al-Shawwab. 

Lalu seperti apa isi bukunya, langsung saja kita unduh di link url berikut di bawah sini, dan mari kita galakan membaca untuk generasi yang lebih baik.

{getButton} $text={Download} $icon={download} $color={#2980b9} {getButton} $text={Visit a Link} $icon={link} $color={#8e44ad}

Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Dan dengan adanya tambahan ebook ini bisa mencukupi kebutuhan bacaanya.

2 Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Posts ADS 3