Panduan SEO Untuk Pemula dan Cara Memahaminya

Mempunyai website yang bagus tidak akan berarti jika tidak memiliki banyak pengunjung. Misalnya, Anda sudah memiliki website dengan nama domain yang unik, konten yang ada di dalamnya juga menarik, tetapi trafik website Anda  masih sangat kecil. Jika demikian, bisa jadi terdapat sesuatu yang salah, yang mengakibatkan website Anda sepi pengunjung.

{tocify} $title={Daftar Isi Artikel}
Oleh karena itu, penting bagi Anda, sebagai pemilik website untuk memiliki pemahaman terkait dengan teknik-teknik SEO untuk meningkatkan trafik website. Mengaplikasikan teknik SEO yang tepat tidak hanya akan meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian, tetapi juga meningkatkan brand awareness Anda di mata konsumen. Karena itu, pada artikel kali ini, kami akan membagikan pada Sobat Unlimited beberapa tips tentang panduan SEO untuk pemula. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya. 

Apa Itu SEO?

Sebelum lebih jauh membahas tentang panduan SEO untuk pemula, mari segarkan ingatan Anda tentang SEO, atau search engine optimization. SEO adalah sebuah taktik pemasaran organic yang membantu pemilik website, untuk meningkatkan peringkat sebuah website di mesin pencari. Dengan menggunakan parameter istilah pencarian yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, SEO juga dapat membantu meningkatkan lalu lintas dan konversi. 

Bisa dikatakan, bahwa SEO adalah seni dan ilmu untuk meyakinkan mesin pencari, seperti Google, Bing, dan Yahoo, untuk merekomendasikan konten Anda kepada pengguna, sebagai solusi untuk masalah tersebut.

SEO dapat memberikan lalu lintas organik secara gratis. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk pemeringkatan tersebut.

Panduan SEO Untuk Pemula

Untuk mempelajari SEO, ada beberapa hal mendasar yang harus Anda ketahui secara mendalam tentang SEO. Terutama jika Anda adalah seorang pemula, yang belum mengenal apa itu SEO, bagaimana caranya bekerja, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah panduan SEO untuk pemula:

Konsep Dasar SEO

Untuk mempelajari SEO, hal pertama yang harus Anda pahami adalah memahami konsep dasar SEO terlebih dahulu. SEO (Search Engine Optimization)) adalah langkah optimasi website agar mendapatkan peringkat teratas di halaman pencarian Google.

Sudah menjadi keharusan bahwa pengguna menginginkan supaya website terbaik, yang relevan, dengan pencarian muncul di halaman pertama. Karena itulah, mesin pencari selalu menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dituliskan pengguna. Coba bayangkan, website Anda berada di halaman kedua mesin pencari. Tentu traffic yang Anda dapatkan tidak akan sebanyak bila berada di halaman pertama mesin pencari. 

Faktor yang mempengaruhi SEO antara lain konten yang menarik,struktur navigasi yang mudah digunakan pengunjung, user experience dan popularitas website 

Optimasi Kecepatan Website

Mempunyai website dengan kecepatan tinggi adalah dambaan setiap orang.Website yang lemot merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu. Karena lemotnya website dapat mempengaruhi peringkat website di mesin pencari. 

Performa server banyak disebut sebagai penyebab utama lambatnya sebuah website. Ketika akan memutuskan akan membuat website, Anda harus memperhatikan secara detail spesifikasi kapasitas RAM dan kecepatan prosesor dari server yang dipakai. Pilihlah kapasitas server yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Riset Keyword

Riset keyword adalah proses penentuan kata kunci apa yang cocok untuk digunakan, saat membuat artikel di blog atau website. Karena dengan melakukan riset kata kunci, Anda bisa mengetahui frasa apa saja yang digunakan orang saat melakukan pencarian di mesin pencari. Seperti Google, Bing,dan lain sebagainya.

Ketika Anda sedang melakukan riset, Anda bisa mengetahui tentang keyword apa saja yang potensial untuk dijadwalkan sebagai konten. Kemudian, Anda akan mendapatkan keyword yang potensial, Anda bisa dengan mudah mendapatkan trafik atau pengunjung ke website Anda. 

Membuat Konten 

Setelah melakukan riset keyword, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat konten yang berkualitas. Untuk bisa membuat konten yang berkualitas, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. 

Yang pertama adalah, pastikan konten yang Anda buat relevan dengan kebutuhan pembaca Anda. Jika tidak, kemungkinan besar website Anda kesulitan mendapatkan pengunjung. Kedua, buatlah konten yang unik dengan volume pencarian yang baik. Dan yang ketiga berikan informasi yang benar dari sumber terpercaya. 

SEO On Page

Ketika mempelajari SEO, jangan lupa juga untuk mempelajari SEO on page. SEO On Page adalah usaha melakukan optimasi SEO di dalam website yang paling banyak dilihat oleh para pengunjung website Anda. Jika Anda masuk ke dalam sebuah website, kemudian melihat isinya yang kurang menarik, maka kemungkinan besar Anda tidak mau berlama-lama di website tersebut. Inilah yang ingin dihindari dengan melakukan aktivitas SEO on Page. 

Beberapa hal terkait SEO on page antara lain seperti penggunaan permalink yang menggambarkan konten Anda, meta title, dan meta descriptions. Jangan lupa juga untuk melakukan penataan heading dan subheading dan menempatkan kata kunci dengan benar. 

SEO Off Page

Berkebalikan dengan SEO on page, off page SEO adalah upaya optimasi SEO di luar website milik kita. Ketika melakukan SEO off page, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, mendapatkan brand mention. Karena Google juga mempertimbangkan website yang sering disebut untuk berada di peringkat atas. 

Kemudian, jangan lupa juga untuk membuat profil Google My Business. Ini akan memudahkan konsumen untuk menemukan informasi tentang deskripsi bisnis, alamat, waktu operasional, dan foto bisnis Anda. 

Link Building 

Sebenarnya, link building adalah salah satu bagian dari SEO off page. Link building adalah sebuah cara untuk mendapatkan link dari website lain yang mengarah ke website Anda. Beberapa cara yang bisa mendapatkan  link building antara lain: 

Berupaya mendapatkan referring links yang banyak, agar menunjukkan website Anda sebagai sumber yang kredibel. Tak hanya jumlah, pastikan link tersebut juga memiliki relevansi dengan topik. 

Dan jangan lupa untuk membangun domain authority. Perhatikan jenis link tersebut, apakah berjenis dofollow atau nofollow.

Local SEO

Ketika mempelajari panduan SEO untuk pemula, Anda juga harus mempelajari local SEO. Apa yang dimaksud dengan local SEO adalah upaya untuk memunculkan website Anda di peringkat teratas pada pencarian lokal di mesin pencari. Langkah ini cukup penting, karena pada umumnya pencarian dilakukan secara lokal dan diantaranya berakhir dengan pembelian.

Faktor yang Mempengaruhi Ranking Google 
Ada banyak faktor yang mempengaruhi pemeringkatan di Google. Bahkan ada yang mengatakan terdapat 200 faktor yang digunakan Google untuk menentukan peringkat website di hasil pencarian.

Maka tak heran, persaingan di halaman pertama pencarian Google sangatlah ketat. Namun Anda tak harus memenuhi ratusan faktor yang diminta Google. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa faktor saja. 

Pengertian dan Penjelasan

Mempelajari SEO seperti pelajaran yang tak pernah selesai. Karena sebagaimana pengetahuan, SEO juga senantiasa mengalami perkembangan setiap waktu. Dan panduan seo untuk pemula ini bisa dijadikan sebagai langkah awal Anda untuk mempelajari SEO secara lebih dalam.

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Posts ADS 3