Cara Menghadapi Orang Sombong Menurut Islam


Sombong adalah sifat yang sangat dibenci dimasyarakat. Selain kedengarannya ga enak saat ada orang yang bicara dengan begitu jumawa-nya, sifat ini juga bisa memicu kesenjangan sosial. Salah satu sifat yang halus, bahkan seseorang kadang ga merasa bahwa dirinya sedang menyombong.

{tocify} $title={Daftar Isi Artikel}
Lalu adakah cara untuk menghadapi orang-orang dengan sifat sombong tersebut?

1. Senyumin 

Ga usah dikomentari macam-macam.
Karena saat dia sudah bicara panjang lebar dan reaksi kita hanya tersenyum tanpa sepatah katapun, nanti dia akan berhenti dan malu sendiri.

Kebanyakan orang yang sedang menyombongkan diri niatnya memang membuat orang lain kesal atau iri. Jadi,, dengan hanya modal senyum anda sudah menang tanpa banyak keluar energi.

2. Cuekin

Ini juga bisa jadi jurus ampuh buat menghadapi orang sombong. Jadi kek ga dengar apa-apa saat dia bicara blablabla ... anggap tidak ada. Emang enak dikacangin? 

3. Beri dia pujian yang tinggi

Orang sombong biasanya mengharapkan pujian dan pengakuan dari orang lain. Ketika ada yang memujinya habis-habisan mungkin saja dia akan puas dan merasa puas. 
Jika anda beruntung, anda mungkin akan kecipratan senang. 
Sebaliknya, jika anda sial anda akan menyaksikan yang makin dipuji dan disanjung malah makin mumbul.

4. Ungguli Omongannya

Dulu sewaktu di pesantren, saya pernah mendengar guru saya bilang jika menghadapi orang sombong maka sombongin balik. Sombong dengan orang sombong itu sedekah. 
Cara ini bukan untuk ikutan menjadi orang sombong tapi diharapkan agar membuka matanya bahwa di atas langit masih ada langit.

5. Sabar

Dan mulailah jauhi orang seperti ini. Karena jika anda terlalu lama bergaul dengannya akan ada dua kemungkinan. Pertama, anda akan mengikuti gaya hidupnya, kedua, anda akan terkena tekanan darah tinggi akibat sering emosi.

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri."
(QS. Luqman. 18)

Wallahu a'lam bishshowaab.

Artikel ini di kirim oleh: Syanum Althaf .

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Posts ADS 3