Jumlah Wahabi di Indonesia dan Afiliasinya


Maraknya dakwah islami di indonesia dengan bermacan-macam gaya atau model, membuat saya tak henti menggali informasi dari berbagai sumber, guna untuk melihat seberapa besar pengaruh dan keberhasilan serta gerakan dakwah-dakwah tersebut.

{tocify} $title={Daftar Isi Artikel}
Di sini saya tidak akan membahas semua aliran keagamaan di dalam islam, namun saya akan menggali informasi dari salah satu aliran keagamaan saja. Sebut saja, nama aliran tersebut salafi, atau pengikut salaf, atau dalam konotasi yang berbeda bernama wahabi.

Jumlah Wahabi di Indonesia

Hasil data ini bukan dari perkiraan pengamatan saya saja ya, melainkan saya bandingkan dengan yang ada di internet. Khususnya media-media resmi milik wahabi salafi, dan pada kenyataanya, menunjukan hal yang sama atau tidak berbeda jauh dengan perkiraan saya.

Komunitas Nekad Hijrah

Ini adalah nama Grup terbesar wahabi salafi di facebook dengan jumlah member 629.324 orang . yang sejauh ini saya ketahui. Dahulu ada Grup facebook yang lebih besar, jika tidak salah namanya Dakwah Sunnah, dengan jumblah member sekitar 750.000 orang . Akan tetapi seiring berjalanya waktu Grup tersebut menghilang, mungkin ada periport handal di luar sana yang sengaja menghilangkan Grupnya.

Grup ini masih aktif walaupun Adminya jarang memposting kajian keagamaan di forumnya, akan tetapi sekali posting, bisa di like dan di share sampai ribuan orang pengguna internet atau oleh semua pengikutnya.

Ilmu Tauhid dan Sunnah

Lalu ini adalah grup milik wahabi yang paling ramai walapun memiliki jumlah pengguna yang sedikit. Selain itu juga grup ini di gunakan untuk menghujat orang atau kelompok lain yang tidak sepaham dengan keyakinan wahabi salafi.

Bahkan sekali posting bisa di like dan mendapat komentar sampai puluhan ribu pengguna facebook. Tidak hanya sampai di situ saja, grup ini terbilang cukup ekstrem cara menghujat dan membuly orang lain.

Dakwah Ustadz Salaf

Kemudian ini adalah Grup terbesar wahabi salafi kedua di facebook. Dengan jumblah member sekitar 365.457 orang . Grup ini selalu aktif dan terus memposting artikel-artikel keislaman menurut pemahaman ustadz dan ulama wahabi salafi.

Kedua grup di atas termasuk bisa di katakan wahabi aliran garis lurus atau wahabi aliran putih, sebab sejauh ini saya belum pernah menemukan postingan atau artikel yang terang-terangan menyerang amaliyah kaum muslimin mayoritas di indonesia.

Meniti Jalan Salafush Shalih

Selanjutnya, ini adalah Grup terbesar wahabi salafi ketiga di facebook. Dengan jumblah member sekitar 294.373 orang . Grup ini di gunakan sebagai dakwah. Akan tetapi terkadang juga untuk mencaci maki kelompok lain di luar pemahaman wahabi salafi.

Bahkan sejauh ini Admin utamanya selalu memposting hal-hal yang berbau profokasi, ujaran kebencian, afliasi agama, ras, golongan dan budaya serta perundungan atau buliying terorganisir secara berjamaah.

Dakwah Ustadz Manhaj Salaf

Lalu ini adalah Grup terbesar wahabi salafi keempat di facebook, dengan jumblah member sekitar 152.139 orang . Grup ini tergolong sepi, walaupun di huni ratusan ribu member pengikutnya di facebook.

Fungsi dan kegunaanya sama saja seperti yang lainya, yaitu untuk penyebaran wahabi dan menyalahkan kelompok lain di luar kelompoknya dengan alasan dakwah tauhid, dakwah sunnah, atau dakwah salaf.

Ceramah Ustadz Sunnah

Grup ini tergolong besar milik wahabi salafi yang ada di facebook urutan kelima dengan jumblah memper sekitar 125.661 orang . Grup tersebut tergolong sepi, dan tidak terlalu di gemari pengikutnya isi kajian di dalamnya, dan hanya sebatas di gunakan untuk perdebatan.

Data di atas hanya data untuk media Grup terbesar saja, belum saya cantumkan nama grup dan halaman yang lainya. Adapun jumblah keseluruhan wahabi dan tautan yang terafiliasi dengan gerakan dakwah wahabi adalah sebagai berikut:

Pengikut Wahabi Di Indonesia

Media Kisaran Jumblah
Grup Facebook 20 Media 1.500.000
Page Facebook 5 Media 500.000
Jumblah Keseluruhan 2.000.000

Jumblah-jumblah tersebut merupakan perkiraan saya saja, dan itu hanya berlaku di internet, sebab selama ini saya paling aktif mengikuti grup-grup dan page wahabi di facebook yang paling besar hingga yang terkecil, dan kemudian informasi ini saya analisis lalu saya kumpulkan untuk bahan pengetahuan.

Dan itu hanya untuk di facebook saja, belum yang di instagram, twitter, tik tok atau youtube, namun biasanya tidak jauh berbeda, semua pengikut yang terafiliasi di media sosial selain facebook, itu merupakan pengikut yang telah mengikuti terlebih dahulu di facebook, adapun dari orang luar hanya beberapa persen saja.

Akan tetapi nampaknya semakin hari pengikut yang terkena dampak dakwah tauhid yang di gaungkan wahabi ini semakin berkurang atau tidak seramai seperti tahun-tahun sebelumnya yang begitu antusias ingin mendengarkan atau mengikuti kajian yang bernama wahabi salafi oleh semua pengguna jagad maya.

Jadi kesimpulanya yang ramai di perbincangkan hal layak di media sosial manapun, dan di forum resmi manapun, yaitu hanya sebuah perdebatan masalah pembahasan agama saja. Selain itu sedikit agak sepi.

Sekian, semoga informasi ini membantu dan bermanfaat untuk pengetahuan kita semua khususnya bagi Anda yang ingin mengetahui seberapa besar jumblah wahabi salafi yang ada di indonesia khususnya pengguna sosial media.

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Posts ADS 3