Update! Cara Cek DA dan PA Untuk Keperluan SEO Master


Pada tahun 2014 kemarin Google telah mengumumkan tidak menggunakan PageRank lagi untuk menentukan peringkat SEO website. Tentu pengumuman ini membuat geger dikalangan para pelaku SEO saat itu, ditambah lagi John Muller yang menjadi pusat perhatian para SEO master di dunia mengumumkan bahwa “Kami mungkin tidak akan memperbaruinya (PageRank) lebih lanjut”.

Tidak lama setelah itu website
SearchEngineLand.com langsung menghapus toolbar PageRank. Akibat PageRank sudah mati, sekarang ini yang menjadi standart SEO untuk website adalah Domain Authority dan Page Authority website. DA PA bisa menjadi standart untuk menentukan suatu website blog berkualitas atau tidak. Semakin tinggi nilainya maka semakin bagus pula kualitas suatu website.

DA dan PA menjadi alternative lain yang bisa mengantikan PageRank sebagai metric untuk menentukan kualitas dari suatu website. Nah untuk lebih jelasnya tentang pembahasan apa itu DA dan PA silahkan simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu DA?

Domain Authority atau yang disebut DA adalah suatu acuan yang dibuat oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat website atau blog. Semakin besar peringkat DA yang dimiliki maka semakin bagus untuk bersaing di mesin pencarian Google. Biasanya skala yang diberikan dari angka 1 sampai 100.
Ada 3 hal yang menetukan tinggi rendahnya skor DA dari suatu website atau blog, berikut pembahasannya:

1. Usia Domain

Semakin tua usia domain maka peringkat DA akan semakin bertambah pula. Tetapi dengan catatan blog Anda selalu melakukan update rutin konten-konten yang berkualitas. Sebab itu DA tinggi menunjukan website tersebut konsisten sehingga Google berhak memberikan nilai yang tinggi yang memiliki pengaruh lebih mudah mendapatkan peringkat dihalaman pencarian.

2. Popularitas Domain

Semakin populernya website yang Anda miliki bisa dilihat dari banyaknya link-link yang masuk berasal dari website berkualitas. Yang perlu dicatat adalah kualitas link yang masuk, bukan kuantitasnya. Link yang masuk menuju website Anda bisa disebut inbound link atau lebih dikenal dengan backlink.

Cara mudahnya untuk mendapatkan backlink dengan cara membuat konten yang berkualitas, sehingga banyak website atau blog yang merekomendasikan website Anda pada mesin pencari. Solusi lain Anda bisa melakukan guest post kepada website yang berkualitas dan memiliki pembahasan yang sama dengan kategori website Anda.

3. Ukuran Domain

Ukuran domain disini dilihat dari banyaknya konten berkualitas yang sudah Anda publish. Semakin banyak berarti semakin besar pula ukuran domain website yang Anda miliki. Jadi Anda perlu mengalokasikan dana untuk kebutuhan investasi konten yang berkualitas.
Nah dari ketigah hal tersebut mesin pencari terutama Google akan menentukan seberapa besar skor Domain Authority website/blog yang Anda kelola. Domain Authority merupakan salah satu dari sekian banyak metric yang digunakan mesin pencari untuk menentukan seberapa berkualitasnya suatu domain.

Apa Itu PA?

Saat mendengar istilah Domain Authority, biasanya akan diikuti dengan Page Authority. Lalu apa sebenarnya Page Authority itu apakah sama dengan Domain Authority? Jawabnya tidak sama. Page Authority adalah penilaian dari mesin pencari tentang seberapa berkualitasnya suatu halaman. Jika DA tadi yang dicek adalah keseluruhan domain, maka PA yang dicek hanya halamannya saja. Contoh mudahnya DA adalah sebuah hotel dan PA adalah kamarnya. Jadi keduanya merupakan suatu kesatuan, biasanya banyak ditemui skor DA lebih rendah dibandingkan dengan PA pada website.

Cara Cek DA dan PA

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara cek DA dan PA blog tidak perlu khawatir karena caranya mudah sekali. Ada beberapa website yang bisa Anda gunakan untuk mengecek DA PA website, berikut daftarnya:


Silahkan ikuti tutorial cek DA dan PA dibawah ini, kami mencontohkan dengan menggunakan website dari websiteseochecker.com karena berada dihalaman paling atas dalam pencarian. Berikut caranya:

Silahkan buka website websiteseochecker.com
  • Kemudian scroll kebawah dan temukan menu “Page Authority Checker
  • Setelah dashboard terbuka, silahkan masukan domain yang akan Anda cek DA dan PA.

DA PA Checker

  • Setelah itu pilih “I'm not a robot” dan pilih “Check
  • Silahkan lihat hasilnya berapa skor DA dan PA domain yang Anda cek. Kami mencontohkan dengan domain: https://www.qwords.com/ dengan hasil skor DA 38 dan PA 56. Selain itu masih ada banyak metric SEO lain.
Selesai

Nah bagaimana mudah bukan cara untuk mengecek DA dan PA blog? Untuk Anda yang sedang memcari domain expired, Anda bisa mengecek terlebih dahulu skor DA dan PA yang dimiliki sebelum memberlinya.

Untuk keperluan website Anda, percayakan pada layanan dari Qwords saja, tersedia paket WordPress Hosting yang handal untuk keperluan website atau blog Anda. Tunggu apalagi miliki websitemu sekarang juga.
Terima kasih.

1 Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Posts ADS 3