9 Contoh Sopan Santun Dengan Sesama Manusia


Apa yang dimaksud dengan sopan santun?

Sopan santun yang dimaksud adalah prilaku adab atau akhlak baik perbuatan kita, misal ke teman, sodara atau ke keluarga. Menjaga adab atau akhlak baik sejak dini, ini sangat penting sekali bagi diri kita sendiri sebagai Edukasi  untuk jangka panjang, sehingga setelah kita dewasa nanti kita akan terbiasa dengan akhlak yang baik yang bisa mengimbangi pertemenan kita dengan sesama manusia.

Contoh sopan santun dalam kehidupan sehari-hari

Berikut ini akan saya kutipkan beberapa nasehat penting "Sikap sopan santun dalam kehidupan" yang mungkin bisa bermanfaat untuk kita.

1. Jangan menelpon seseorang berturut-turut.
Jangan menelpon seseorang berturut-turut. Kalau tidak dijawab, berarti mereka sedang ada hal yang penting. Kirim pesan setelah itu dan tanyakan kapan waktu yang tepat untuk menelpon.

2. Jangan sesekali memesan menu yang mahal saat ditraktir.
Jangan sesekali memesan menu yang mahal saat ditraktir. Lebih elok, minta orang yang mentraktir untuk pilihkan menu.

3. Jangan bertanya hal-hal yang tudak penting.
Janganlah bertanya hal-hal janggal seperti ini, "Oh, belum kawin ya? Umur sudah berapa nih?", atau "Belum ada anak yah? Kan sudah lama kawin?", "Kenapa belum beli rumah?". Itu hal pribadi. Tidak perlu ditanyakan. Bukan urusan kita. 

4. Selalu buka dan pegangkan pintu untuk orang di belakang kita.
Selalu buka dan pegangkan pintu untuk orang dibelakang kita, terutamanya orang tua atau ibu yg sedang mengendong anak. Tidaklah rugi membantu untuk memudahkan orang lain. 

5. Berhati-hati dalam bercanda.
Berhati-hati dalam bercanda. Tidak semua orang bisa menerima cara kita. Kalau orang tidak suka, hentikan. Jangan diulang lagi.

6. Saat menerima pesan, balas walapun terlambat.
Saat menerima pesan, balas walaupun terlambat atau sedang sibuk. Ingat, bukan kita saja yang sibuk. Saat mempunyai waktu, tetap balas dan mohon maaf atas keterlambatannya.

7. Beri pujian di depan banyak orang.
Beri pujian di depan orang ramai, tetapi beri kritikan secara pribadi dan saat sendiri. Usahakan untuk menambah kebaikan, bukan membuka aib.

8. Jangan buat rencana di depan mereka.
Jangan membuat rencana di depan mereka yang tidak diajak atau diikut sertakan.

9. Hormati seseorang pada nilainya.
Hormati seseorang pada nilainya, bukan jabatan atau posisi. Seorang tukang cuci layak dilayani sama seperti seorang CEO. Mereka sama-sama manusia. Layanan kita yang penuh adab adalah cerminan nilai dalam diri kita.

Itulah sedikit nasehat tentang bagaiman cara menjaga adab, sopan santun dengan sesama manusia.
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Posts ADS 3