Rasa Kasih Sayang Nabi SAW Mengalahkan Segalanya


Disaat Rasulullah SAW duduk dengan para sahabat dimasjid tiba-tiba datanglah seorang yahudi yg langsung menghampirinya, dan menarik sorban  beliau hingga Nabi SAW tercekik, lalu dikendorkan agar Nabi SAW dapat berbicara..hal tersebut dilakukan yahudi  didepan para sahabat. 


Lalu Nabi SAW berkata ; 

"ada apa wahai yahudi? 

yahudi bersuara keras dengan mengatakan ;

"anda harus membayar pinjaman yg anda pinjam dari saya wahai muhammad ..

Nabi SAW  menjawab; "bukankah belum waktunya dan kesepakatannya masih beberapa minggu saya membayarnya ?..tetapi yahudi tetap memaksa harus dibayar saat itu juga. 


Kemudian Umar bin khathab ra berkata ; "yaa Rasulullah izinkan saya menebas leher yahudi ini..

Lalu Nabi SAW berkata ; "diamlah sebentar wahai Umar dan pergilah ke baitul'maal dan ambillah 20 sak kurma untuk membayar hutang yahudi ini, dan tambahkan 20 sak lagi untuknya wahai Umar.."


Lalu Umar berkata ; "yaa Rasulullah 20 sak untuk membayar hutang yahudi ini dan yg 20 sak lagi untuk apa anda berikan kepadanya..?

Nabi  SAW berkata; " 20 sak untuk membayar hutang yahudi ini dan 20 sak lagi untuk membayar karena kau telah menakuti yahudi ini karena ingin menebas leher yahudi ini.. 


Nabi  SAW tidak  menghukum yahudi itu,tetapi menghukum Umar r.a, karena menakutinya dengan membayar dengan 20 sak..kemudian Umar pergi dan memberikan 20 sak pertama kepada yahudi,dan ketika ingin memberikan 20 sak lagi yahudi tersebut menolaknya dan menyuruh Umar meletakannya..namun Umar mengatakan ini adalah perintah Nabi SAW


Lalu yahudi itu berkata ; 

"Tidak perlu wahai Umar, ketahuilah sebenarnya aku datang bukan tujuan menagih hutang yg belum waktunya dan tidak mungkin aku berani datang ke Nabi kalian dan mencekiknya didepan kalian itu berarti aku sama saja  menyerahkan nyawaku.. dan aku datang untuk membuktikan yg mana semua ciri2 Nabi kalian dan prilakunya yg sudah tertera dikitab kami semua ada padanya.."


"Dan hanya satu yg belum aku buktikan yaitu tentang rasa kasih sayangnya,dan hari ini aku membuktikan bahwa rasa kasih sayangnya beliau telah mengalahkan emosinya.. maka aku ucapkan dihadapanmu wahai Umar 'Asyhadu an laa ilaha illallah wa Asyhadu anna muhammadar rasulullah.. "


Rasa sayangnya Nabi SAW telah membuat seorang yahudi beriman kepadanya..dan akhlak mulia beliau telah mengalahkan segalanya....Masyaa Allah.


 اللهم صل على سيدنا محمد و على آله وصحبه  وسلم


Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Posts ADS 3