Keutamaan Silaturahmi Kepada Sesama Manusia


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ. (رواه البخاري ومسلم)


Artinya :

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: ”Barangsiapa ingin dilapangkan baginya rezekinya dan dipanjangkan untuknya umurnya hendaknya ia melakukan silaturahim.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Kontributor : Amanah Maryam

Pelajaran yang terdapat pada hadits di atas :


1. Hadits yang agung ini memberikan salah satu gambaran tentang keutamaan silaturahim.

2. Silaturahim kewajiban dalam agama. Banyak ayat Al-Qur’an dan hadits yang menerangkannya. 

3. Hendaknya ia menyambung hubungan silaturahim pada kerabatnya dengan bijak.

4. Bahwa dengan silaturahim akan mendatangkan kelapangan rezeki dan dikenang dengan baik yang dengan silaturahim akan memunculkan rasa kasih sayang dan akan dido'akan ketika meninggal.

5. Yang dimaksud dengan tambahan umur di sini, yaitu bisa jadi tambahan berkah dalam umur. Kemudahan melakukan ketaatan dan menyibukkan diri dengan hal yang bermanfaat baginya di akhirat, serta terjaga dari kesia-siaan.


Tema hadits yang berkaitan dengan ayat Al-Qur'an :


1. Silaturahim, berbuat baik kepada kaum kerabat dan sanak famili adalah salah satu syarat untuk bisa masuk surga secara bersama dengan keluarga;


وَالَّذِينَ يَصِلُونَ مَا أَمَرَ اللّٰهُ بِهِ أَنْ يُوصَلَ 


"Dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkannya."(QS. Ar-Ra'd: 21)


2. Berkaitan dengan ilmu yang ada pada malaikat yang terdapat di Lauh Mahfudz dan semisalnya. Umpama usia si fulan tertulis dalam Lauh Mahfuzh berumur 60 tahun. Akan tetapi jika dia menyambung silaturahim, maka akan mendapatkan tambahan 40 tahun, dan Allah telah mengetahui apa yang akan terjadi padanya (apakah ia akan menyambung silaturahim ataukah tidak). Inilah makna firman Allah Ta’ala;


يَمْحُو اللّٰهُ مَايَشَآءُ وَيُثْبِتُ 


"Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki).”(QS. Ar-Ra’d: 39)

    

وَاللّٰهُ أَعلَمُ بِالصَّوَابِ

Semoga kita selalu mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh. Hanya Allah-lah yang memberi taufik dan hidayah.

1 Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Posts ADS 3