Daftar Nama Aliran Dalam Agama Islam


Dalam sebuah agama pasti terdepat perbedaan-perbedaan yang ada di dalamnya, tidak terkecuali islam. Lalu perbedaan tersebut terus di sebarkan hingga menjadi sebuah perkumpulan atau istilah lain madrasah yang setip kumpulan tersebut banyak sekali di ikuti oleh pengikutnya.

Dan berikut ini akan saya uraikan beberapa aliran keagamaan didalam tubuh umat islam yang paling terkenal sepanjang sejarah peradaban manusia sejak turunya agama islam.

1. Sufisme

Sufisme atau tasawuf adalah gerakan Islam yang mengajarkan ilmu cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlak, membangun lahir dan batin serta untuk memperoleh kebahagian yang abadi. Tasawuf pada awalnya merupakan gerakan zuhud dalam Islam, dan dalam perkembangannya melahirkan tradisi mistisme Islam.

2. Salafiyah

Salafiyah, juga disebut Salafi dan Salafisme, adalah gerakan reformasi di dalam Islam Sunni. Nama ini diambil dari anjuran untuk kembali ke pemahaman leluhur, tiga generasi awal Muslim yang mengetahui ajaran Islam yang murni tanpa adanya tambahan dan pengurangan.

3. Wahhabisme

Wahabi lebih tepatnya Wahhabisme atau Wahhabiyah adalah sebutan yang dianggap oleh beberapa orang sebagai "aliran reformasi keagamaan" dalam Islam. sebutan-sebutan ini mulai muncul pada masa dakwah seorang teolog Muslim abad ke-18 yang bernama Muhammad bin Abdul Wahhab yang berasal dari Najd, Arab Saudi.

4. Khawarij

Khawārij ialah istilah umum yang mencakup sejumlah aliran dalam Islam yang awalnya mengakui kekuasaan Ali bin Abi Thalib, lalu menolaknya. Disebut Khowarij disebabkan karena keluarnya mereka dari dinul Islam dan pemimpin kaum muslimin.

5. Muktazilah

Aliran Muktazilah muncul di Basra, Irak, pada abad 2 H. Kelahirannya bermula dari tindakan Wasil bin Atha' berpisah dari gurunya Imam Hasan al-Bashri karena perbedaan pendapat. Hasan al-Bashri berpendapat mukmin yang melakukan dosa besar masih berstatus mukmin

6. Asy'ariyah

Asy'ariyah adalah mazhab teologi yang disandarkan kepada Imam Abu al-Hasan al-Asy'ari. Abu Hasan Ali bin Isma’il al-Asy’ari mengkritik paham Muktazilah yang lebih mengutamakan pada pendekatan akal dan cenderung mengesampingkan dalil-dalil naqli.

7. Syiah

Syiah adalah salah satu ajaran agama atau sekte dalam agama Islam. Dalam keyakinan Syiah dikatakan bahwa rasul dalam agama Islam, Muhammad, menunjuk Ali bin Abi Thalib sebagai penggantinya dan Imam setelahnya, terutama pada acara Ghadir Khum, tetapi gagal menjadi khalifah sebagai akibat dari insiden di Saqifah.

Dari salah satu aliran keagamaan di atas tersebut, Anda di bagian golongan yang mana? Bagi saya golongan manapun tidak jadi masalah, asalkan kita bisa salaing menghormati sesama manusia.

Terlebih sesama umat islam, tidak saling menyalahkan, menyesatkan, tidak seperti akhir-akhir ini, semua golongan, semua aliran saling menyesatkan hingga berujung kekerasan, dan itu terjadi di bagian wilayah di indonesia.
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Posts ADS 3