Pengertian Tauhid, Fiqih dan Tashowwuf


Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama belajar mengenal tentang pengertian-pengertian tauhid, fiqih dan tashowwuf, yang mungkin bisa untuk menambah wawasan dan keilmuan kita semua.

Tauhid Artinya

Ilmu Tauhid adalah ilmu yang membahas seputar dasar dasar agama yaitu iman/percaya kepada adanya Allah iman kepada malaikat iman kepada kitab kitab Allah iman kepada para rosul iman kepada hari akhir dan iman kepada takdir.

Tanpa iman atau tanpa keyakinan seseorang tentu tidak akan melakukan amalan agama, karena iman inilah yang mendorong seseorang kepada Islam/ melaksanakan keyakinan nya. 

Fiqih Artinya

Ilmu Fiqih adalah ilmu yang membahas seputar Islam atau pelaksanaan Islam dengan anggota badan seperti sholat puasa zakat dan lain lain. Jika tanpa fiqih/tanpa faham tatacara ibadah seseorang tidak dapat melaksanakan amalan amalan Islam dengan benar.

Tashowwuf Artinya

Ilmu Tashowwuf adalah ilmu yang membahas seputar ikhsan yaitu pelaksanaan Islam dengan jiwa dan hati seperti mensucikan ahlak, baik ahlak dalam melaksanakan ibadah sosial atau ahlak dalam melaksanakan ibadah ritual agar pelaksanaan ibadah badan diatas murni hanya kepada Alloh, bersih dari riya' dan lain lain tujuan duniawi. karena jika tanpa disertai ikhsan/ tanpa disertai hati yang bersih maka segala syare'at yang kita lakukan hanya sia sia tidak diterima oleh Allah SWT. 

Ketiga ilmu diatas adalah ilmu kajian khadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim : 

وقال: يا محمد أخبرني عن الإسلام فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : الإسلام أن تشهد أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله وتقيم الصلاة وتؤتي الزكاة وتصوم رمضان وتحج البيت إن استطعت إليه سبيلا . قال صدقت فعجبنا له يسأله ويصدقه .  

  1. Jibril: Hai Muhammad. Ceritakan padaku apakah Islam itu?
  2. Nabi: Islam adalah Mengucapkan dua kalimat syahadat.
  3. Mendirikan sholat.
  4. Puasa ramadhan.
  5. Mengeluarkan zakat.
  6. Hajji atau menziarahi baitulloh jika kamu mampu.

قال: فأخبرني عن الإيمان قال : أن تؤمن بالله وملائكته وكتبه ورسله واليوم الآخر وتؤمن بالقدر خيره وشره 

  • Jibril: Ceritakan padaku apakah iman itu.
  • Nabi: iman adalah percaya kepada Allah.
  • Percaya kepada para malaikat.
  • Percaya kepada kitab kitab Allah.
  • Percaya kepada para rosul.
  • Percaya kepada hari akhir.
  • Percaya kepada takdir baik dan buruk. 

قال فأخبرني عن الإحسان قال: أن تعبد الله كأنك تراه فإن لم تكن تراه فإنه يراك . 

  1. Jibril: Ceritakan padaku apakah ikhsan itu?
  2. Nabi: Ikhsan adalah hendaknya kamu menyembah Alloh seakan kamu melihatNya, jika kamu tidak dapat demikian maka ingatlah Alloh selalu melihat mu.

Begitulah pengertian-pengertian yang bisa kita ambil hikmahnya sebagai renungan dan tambahan ilmu pengetahuan untuk kita semua, semoga membantu dan bermanfaat.

Posting Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Posts ADS 3