Cara Page One di Google Untuk Pemula


Menulis dan mempublikasikan sebuah kalimat hingga Artikel tersebut bisa menduduki peringkat pertama (Page One Google), atau di mesin pencari Google, Bing maupun Yahoo bukanlah hal yang mudah.

{tocify} $title={Daftar Isi Artikel}
Banyak sekali para blogger yang mengalami kesulitan mengatasi hal ini, bahkan saya sendiripun kadang sering kesulitan memahami algoritma google yang selalu berubah-ubah. Walaupun hal itu sulit, asal kita giat belajar, maka perubahan apapun, akan bisa kita selesaikan dengan mudah.

Apa itu Page One?

Biasanya orang menyebut dengan sebutan halaman pertama, atau konotasi yang tepat di halaman utama pencarian Google.

Page One Google

Sebelum Anda membaca tulisan tentang Cara Page One di Google atau tips dari saya, sebaiknya situs web Anda sudah terdaftar di Google Search Console, dan tentunya sudah memasang peta situs di halaman GSC.

Untuk pemula! Apabila Anda kesulitan bagaimana caranya medaftar GSC dan mengisi peta situs, saran saya, silahkan Anda mencari refrensinya sendiri di google. Sebab sudah banyak para ahli SEO yang telah mengulasnya di sana.

Riset Kata Kunci

Ini adalah hal yang sangat penting sebelum Anda menulis dan mempublikasikan tulisan Anda. Dengan meninjau kata kunci terlebih dahulu, maka Anda sudah mendapatkan satu poin, yaitu mendapatkan sasaran pembaca.

Jangan di biasakan menulis dengan kalimat yang tidak bisa di pahami oleh mesin pencari, terlebih, jangan membuat judul sembarangan, terkecuali Anda punya sedikit banyak uang untuk beriklan di google ads atau facebook ads.

Sering Posting Artikel

Dengan sering mempublikasikan tulisan, maka hal ini akan berdampak pada kecepatan indeks di google dan mesin pencari lainya, oleh karena itu, ketika Anda adalah seorang Blogger pemula dan ingin agar supaya artikel Anda cepat terindeks di mesin pencari, saran saya, rajin-rajinlah mempublikasin artikel.

Sering mempublikasikan artikel yang saya maksut di sini adalah, bukan sebuah postingan otomatis atau sejenis blog AGCan ya, dan bukan pula nyepam posting dengan kecepatan tinggi, akan tetapi, cukup sehari satu sampai sepuluh artikel saja.

Artikel Berkualitas

Semua orang bisa menulis, akan tetapi tidak semua orang bisa mengerti dan menyusun kalimat dengan baik dan benar, contoh kecilnya saya sendiri. Oleh karena itu, ketika Anda menulis, coba perhatikan setiap pragraf, titik, koma dan yang lainya.

Atau contoh yang lainya lagi, banyak orang yang bisa bagus menulis di dunia literasi, akan tetapi tidak bisa menguasai SEO. Jadi kesimpulanya, SEO itu di butuhkan ilmu literasi, tetapi orang literasi belum tentu pandai mainan SEO, itulah bedanya.

Tidak Copas Artikel

One page di google itu akan sia-sia saja ketika tulisan Anda kalah di serp, oleh karena itu, menulis dengan tidak mengkopy dan menyalinya tulisan orang lain sangatlah penting, misalnya saja, artikel AGC dan praktik copy paste yang lainya.

Kenapa saya melarang salin tempel? Sebab, pengalaman yang saya alami ketika mencoba berekspreminen artikel, ternyata artikel yang hasil kopy paste itu tidak bertahan di halaman utama mesin pencari google. Dan setelah itu merosot jauh, kalah sama artikel yang lebih baik.

Perkecil Ukuran Gambar

Kita semua tau, bahwa perayab google tidak menyukai website yang sulit di akses, dengan mengubah atau memperkecil ukuran gambar, maka itu adalah salah satu cara bagaimana artikel tersebut bisa menduduki peringkat pertama google.

Namun sebelum Anda mengunggah gambar tersebut, pastikan dahulu bahwa gambar tersebut telah tercantum nama website atau blog yang Anda miliki. Sebab banyak sekali pencuri gambar yang tidak berkemampuan dalam dunia desain grafis yang  mengambilnya sembarangan.

Situs Mudah Diakses

Mudah di akses di sini yang di maksut adalah, ketika pengguna mengunjungi situs web yang Anda miliki, mereka tidak merasakan kesulitan dan kendala, meskipun menggunakan perangkat yang berbeda-beda, atau bahasa yang tepat, loading ringan dan mobile friendly.

Oleh karena itu, pilihlah template yang benar-benar ringan dan ramah lingkungan. Apabila tidak menemukan template tersebut, silahkan mencari refrensinya sendiri di Google, sebab sudah banyak temen blogger yang mengulasnya di sana. Atau bisa membeli kepada developer template yang sudah malang melintang di dunia perdesainan.

Artikel Bermanfaat

Selain tips di atas agar supaya tulisan yang kita tulis Page One Google, menulis dengan memberi penjelasan yang sejelas-jelasnya ke semua orang, adalah bagian utama yang sangat penting.

Artinya, berilah pengunjung kepuasan dan menemukan solusinya saat mereka mencoba mengatasi masalah yang sedang mereka alami. Contoh kecil yang lain, "Cara Membuat Bakso", Nah dengan demikian, maka artikel Anda harus mengulasnya secara mendetail.

Pengertian dan Penjelasan

Itulah beberapa tips sederhana berdasarkan pengalaman yang saya alami. Saya sendiri hanya seorang blogger yang jarang aktif, jadi kadang menulis kadang juga saya biarkan atau tidak memposting artikel.

Intinya agar tulisan kita page one di google dan bertahan di serp adalah:

  • 1. Riset Kata kunci.
  • 2. Rajin posting artikel.
  • 3. Artikel berkualitas.
  • 4. Tidak copas artikel.
  • 5. Perkecil ukuran Gambar.
  • 6. Situs Mudah Diakses
  • 7. Artikel bermanfaat.

Bagaimana? Anda merasa penasaran dengan sedikit penjelasan yang saya uraikan di atas, silahkan di praktekan di blog maupun websitenya masing-masing, namun ketika Anda merasa kesulitan, mari kembali kesini dan kita diskusikan bersama-sama.
Semoga membantu dan bermanfaat.

Untuk temen-temen pengguna blogger yang membutuhkan template premium, saya menjual template tersebut dengan harga terjangkau. Lebih jelasnya silahkan lihat postinganya Di Sini .

1 Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Lebih baru Lebih lama
Posts ADS 3